AdvertorialBerauEkonomiIndonesiaKaltimNasionalOlahragaSosialWisata

Optimis Porprov VII Berjalan Sukses Sekaligus Promosi Wisata

Haloberau.com, TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas tegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tengah serius menyiapkan beberapa hal jelang perhelatan Porprov VII Kaltim 2022 di Berau. Salah satunya, dengan memanfaatkan potensi wisata yang dimiliki Berau untuk memanjakan para tamu atau pendatang yang diprediksi akan banyak berdatangan.

Sri Juniarsih mengatakan, perhelatan Porprov ini bukan hanya sekedar ajang perlombaan meraih prestasi di bidang olahraga. Tetapi, dalam kesempatan ini Pemkab ingin sekaligus mempromosikan tempat wisata yang ada di Bumi Batiwakkal.

“Ini bukan sekedar ajang olahraga saja. Ini kesempatan kita juga mempromosikan tempat wisata kita di Berau,” kata Sri Juniarsih.

Dijelaskannya, beberapa daerah wisata di Berau sengaja dipilih menjadi lokasi venue beberapa cabang olahraga yang akan diperlombakan. Seperti, Pulau Maratua, Talisayan dan Biduk-Biduk yang merupakan tempat wisata yang berada di wilayah pesisir di Berau.

“Venue sengaja kita pilih di daerah wisata dengan tujuan sekaligus memudahkan para atlet dan pengunjung dapat sekaligus berwisata,” jelasnya.

Orang nomor satu di Bumi Batiwakkal itu meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau untuk ikut menyiapkan diri menyambut perhelatan Porprov VII Kaltim 2022, pada 22 November mendatang. Sri Juniarsih berharap Berau yang bertindak selaku tuan rumah dapat memberikan kesan yang baik kepada para pengunjung.

“Kita ingin para pengunjung nanti dapat kesan yang baik tentang Berau. Sehingga mereka dapat menyampaikan atau menceritakan keindahan tentang Berau kita ini. Jangan sampai kuta sebagai tuan rumah meninggalkan kesan buruk yang dapat mencoreng citra daerah kita sebagai pintu pariwisatanya Kalimantan Timur,” tutur Sri Juniarsih.

“Saya sudah instruksikan khusus kepada Disbudpar mengenai hal ini. Inshallah kita siap mengsukseskan Porprov ini dan menjadi tuan rumah yang baik,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Ilyas Natsir mengatakan pihaknya telah mendapat instruksi langsung dari Bupati dan segera melalukan persiapan secara matang menyambut Porprov tahun ini.

“Dalam waktu dekat kita akan persiapkan segala hal untuk menyambut Porprov,” ujar Ilyas.

Ilyas menjelaskan akan memanggil Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Berau untuk membahas kesiapan hotel, penginapan serta restoran selama pelaksanaan Porprov pada November mendatang. Menurutnya, pelayanan hotel dan restoran menjadi salah satu hal penting yang sangat berpengaruh untuk menyambut para kontingen cabor maupun pengunjung.

“Saya juga akan panggil PHRI untuk duduk dan bicara bersama bagaimana kesiapan teman-teman hospitality nanti. Pelayanan hotel dan restoran ini jadi salah satu hal yang penting kita persiapkan,” tuturnya.

Ilyas mengaskan, hal itu juga dilakukan untuk menjaga harga sewa hotel agar tidak melambung dan memanfaatkan momen dalam pelaksanaan event olahraga tersebut.

“Termasuk stabilitas harga hotel, ini yang datang ribuan jadi jangan sampai aji mumpung. Itu juga yang akan kami bicarakan. Intinya, kami upayakan yang terbaik untuk Berau sebagai tuan rumah dalam ajang ini,” pungkasnya. (adv)