BerauIndonesiaKaltimNasional

Sempat Tertunda Akibat Pandemi Covid-19, 69 Jamaah Haji Berau Diberangkatkan ke Tanah Suci

Haloberau.com, TANJUNG REDEB – Sebanyak 69 jamaah haji di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur diberangkatkan, Rabu (22/6/2022). Pelepasan rombongan jamaah haji Berau dilepas oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih di Mesjid Agung Baitul Hilmah, Tanjung Redeb.

Kabag Kesra Setkab Berau, Syafri mengatakan, jamaah asal Berau akan didampingi oleh satu orang dokter dari Dinas Kesehatan.

“Total ada 70 orang yang berangkat dari Berau. Satunya adakah seorang dokter sebagai pendamping medis jamaah Haji Berau,” katanya.

Para jamaah haji juga sebelumnya telah melakukan tes kesehatan dan tes PCR bebas Covid-19, serta mengikuti manasik haji untuk persiapan dan bekal melaksanakan rangkaian ibadah haji nanti di tanah suci.

“Seluruh jamaah secara fisik sudah siap. Jamaah kita juga sudah dibekali pengetahuan dan tata cara melaksanakan ibadah melalui kegiatan manasik haji,” ungkapnya.

Nantinya, para jamaah haji Berau akan tergabung di embarkasi Balikpapan, dengan jadwal keberangkatan ke tanah suci pada kamis (23/6/2022). Pemberangkatan ini dilakukan lebih cepat lantaran jamaah haji harus tetap menunjukkan hasil tes PCR yang memilik masa berlaku hanya 48 jam.

“Jamaah haji Berau akan tergabung di embarkasi Balikpapan dan akan berangkat ke tanah suci kamis besok,” jelasnya.

Seluruh jamaah bersyukur dapat melakukan ibadah haji tahun ini setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Keberangkatan para jamaah haji juga di iringi dengan lambaian haru dari para keluarga jamaah haji.

“Alhamdulillah tahun ini dapat berangkat haji setelah semoat tertunda dua tahun akibat pandemi,” ujar Dede Suryadinata, jamaah haji Berau.

“Secara fisik, hati dan batin sangat siap. Semoga perjalanan kami dilancarkan. Kami juga berharap tahun yang akan datang kuota jamaah haji Berau ditambah lagi kembali seperti biasanya,” tandasnya. (end)