BerauIndonesiaKaltimLingkunganNasionalSosial

Bersama KOICA, PMI Berau Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Haloberau.com, TANJUNG REDEB – Untuk membantu masyarakat, PMI Kabupaten Berau melalui kegiatan Koica Safety at Home menggelar pemeriksaan kesehatan gratis yang meliputi cek gula darah, asam urat dan kolesterol masing-masing sebanyak 300 stik pemeriksaan, ditambah dengan cek tekanan darah. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diadakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Berau dan Markas PMI Kabupaten Berau pada tanggal 17 s/d 18 Juni 2022.

Antusias warga yang mengikuti kegiatan ini sudah terlihat sejak hari pertama. Alhasil, kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama 3 hari, dapat selesai dalam waktu 2 hari sesuai target yang telah ditetapkan. Meskipun demikian, antrean warga tetap tertib dan selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker.

Sekretaris PMI Kabupaten Berau, Hatta Basrie didampingi PIC Program Koica Berau, Eta Setiawan saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, kegiatan ini masih dalam rangkaian program Koica yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Berau. “Jadi dalam program Koica ini, ada 3 kegiatan utama yaitu Koica for Kids, Koica Goes to Campus dan Koica Safety at Home. Khusus untuk pemeriksaan kesehatan gratis ini masuk ke dalam kegiatan Koica Safety at Home, karena melibatkan masyarakat sebagai penerima manfaatnya”, jelasnya.

Tidak menutup kemungkinan, kegiatan ini dapat kembali dilakukan. “Kami akan mengupayakan agar di waktu yang akan datang dapat kembali menyelenggarakan kegiatan ini dan kami siap bekerjasama dengan berbagai pihak”, tambahnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Berau, Agus Tantomo menyambut baik kegiatan ini karena sangat membantu warga yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya. “Saya sangat menyambut baik kegiatan ini dan bangga diberikan kepercayaan oleh PMI Pusat dan Provinsi untuk menjalankan program Koica ini. Masyarakat akan sangat terbantu dengan pemeriksaan kesehatan ini. Selain gratis, tidak banyak warga yang mengetahui kondisi kesehatannya. Ada yang merasa biasa-biasa saja, padahal gula darah atau kolesterol nya ternyata tinggi”, ujarnya.

Agus juga mengimbau kepada warga yang sudah mengetahui hasilnya, agar lebih menjaga lagi pola makannya. “Kami menyarankan agar dapat memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan solusi untuk mengatasinya. Saya juga berpesan, jaga pola makan. Karena apa yang kami periksa ini, kadar nya dapat meningkat tergantung dari makanan yang kita konsumsi, juga jadwal makan yang mungkin kurang tepat”, ujarnya.

Supardi salah seorang warga mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini dan berharap dapat kembali diadakan lagi. “Bagus kegiatan seperti ini mas, karena sangat membantu warga. Soalnya saya pernah cek bayarnya lumayan juga untuk orang seperti saya. Sukses untuk PMI, semoga dapat diadakan lagi di lain waktu”, ungkapnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan kali ini, PMI Kabupaten Berau menurunkan personel antara lain dokter penanggung jawab, perawat pemeriksa dan juga staf serta relawan yang membantu di dalam kegiatan. Beberapa instansi dan organisasi juga menjadi target pemeriksaan kesehatan, antara lain perwakilan dari PWI Berau, Polisi Militer, Basarnas, Mapala UM Berau dan guru-guru. (Hum_pmiberau).