BerauDuniaEkonomiIndonesiaKaltimKampungLingkunganNasionalSosial

Rantau Panjang Bersinyal

Haloberau.com, TANJUNG REDEB – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Berau segera melakukan pemasangan tower Base Transceiver Station (BTS), yakni fasilitas komunikasi nirkabel dan jaringan operator di Kampung Rantau Panjang, Kecamatan Sambaliung.

Sebelum melalukan pemasangan, Plt Kepala Dinas Kominfo Berau, Maulidiyah melakukan peninjauan lokasi pemasangan tower BTS di Kampung Rantau Panjang dengan didampingi aparatur Kampung.

“Hari ini kami melakukan peninjauan lokasi untuk pemasangan tower BTS. Inshallah, warga di Kampung Rantau Panjang ini segera mengakses internet dan telekomunikasi dengan mudah,” kata Maulidiyah.

Pemasangan tower BTS ini dikatakan Maulidiyah akan membutuhkan waktu dua bulan lamanya. Namun, pihaknya akan terlebih dahulu memasang mini tower BTS agar warga dapat dengan mudah menggunakan jaringan telekomunikasi.

“Sementara, besok akan dipasang menara mini BTS provider telkomsel,” ujarnya.

“Kami bekerja sama dengan Telkomsel selaku perusahaan operator telekomunikasi di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kampung Rantau Panjang, Martin Simonsampe mengungkapkan rasa bahagianya atas pemasangan jaringan telekomunikasi di Kampung Rantau Panjang.

“Saya mewakili warga Rantau Panjang mengucapkan terima kasih banyak kepada Diskominfo telah mewujudkan impian dan keinginan kami selama ini,” ungkapnya.

“Yang kami tunggu selama ini akhirnya terjawab sudah. Warga Kampung Rantau Panjang selalu mendambakan sinyal yang baik untuk mendapatkan informasi melalui aplikasi digital,” pungkasnya.

Kampung Rantau Panjang memang merupakan salah satu wilayah perkampungan yang terisolir jaringan telekomunikasi. Selama bertahun-tahun lamanya, warga di Kampung Rantau Panjang melakukan komunikasi jarak jauh dengan cara naik ke atas bukit untuk mendapatkan jaringan telekomunikasi. Hingga di era modern ini, warga menggunakan alat penangkap sinyal internet atau modem yang dipasang di atas tiang bendera untuk mengakses internet dan informasi digital. (end)