BerauEkonomiIndonesiaKaltimKampungNasionalWisata

Ekowisata Susur Sungai Melihat Bekantan Primata Borneo

Haloberau.com, GUNUNG TABUR – Kabupaten Berau merupakan pintu pariwisata di Kalimantan Timur. Obyek wisata di Berau terbilang paket komplit, mulai dari wisata baharinya yang sangat tersohor di mata dunia, hingga potensi wisata alamnya yang tak kalah eksotisnya.

Misalnya saja Pulau Besing yang menyajikan Ekowisata susur sungai melihat Bekantan, jenis monyet berhidung panjang, primata endemik di tanah Borneo.

Pulau Besing berada di kawasan sungai Berau, dengan luas lahan 700 hektar. Pulau Besing merupakan salah satu perkampungan yang ada di wilayah Kecamatan Gunung Tabur. Dengan potensi alam yang dimilikinya, Pulau Besing kini menjadi salah satu kampung wisata yang ada Tanah Batiwakkal, julukan Berau.

Pulau Besing dihampari hutan bakau yang dihuni oleh ribuan primata Bekantan yang hidup liar di dalamnya. Selain Bekantan, hutan bakau di Pulau Besing juga banyak ditemui kawanan satwa liar lainnya, seperti burung elang, burung bangau dan kelelawar atau kalong yang bergelantungan di atas pohon.

Dengan identitas wilayah yang kuat dengan keberadaan Bekantan, menjadikan Pulau Besing memiliki potensi wisata yang memiliki daya tarik. Pengelolaan wisata Pulau Besing sendiri juga kini dikelolah secara mandiri oleh warga Kampung Pulau Besing.

Untuk menikmati wisata Susur Sungai Pulau Besing, wisatawan cukup membayar tarif Rp 300.000 hingga Rp 600.000. Wisatawan akan dipandu oleh warga lokal menyusuri sungai menggunakan perahu ketinting mengelilingi Pulau Besing selama satu jam untuk melihat atraksi Bekantan yang hidup di alam liar. Karena hidupnya di alam liar, kawanan Bekantan akan mudah menjauh saat melihat wisatawan mendekat.

Selain menjadi wisata favorit oleh wisatawan luar, Pulau Besing juga menjadi tempat bagi para photografer untuk berburu foto alam liar.

“Tadi sempat dapat Bekantan. Kebetulan bertepatan waktunya kelelawar pada keluar jadi pas dapat dua-duanya,” kata Ray Bachtiar Drajat, seorang photografer yang sedang hunting di Pulau Besing.

“Yang jelas di sini kami sangat menikmati alamnya. Bagi kami yang dari Jakarta sangat kehilangan hal-hal seperti ini, jadi berwisata kali ini sangat berkesan banget,” sambung Agatha Bunanta.

Dengan kondisi alam yang sangat asri, berwisata di Pulau Besing jadi lokasi yang cocok untuk healing melepas penat dari kebisingan kota.

Untuk menuju Pulau Besing dapat ditempuh perjalanan darat dari kota Tanjung Redeb selama 1 jam dan jalur air menggunakan perahu kurang lebih satu jam lamanya.