BerauDuniaEkonomiIndonesiaKaltimNasionalWisata

LaNyalla Sandang Gelar Kebangsawanan Raden Mas Satria dari Kesultanan Gunung Tabur

Haloberau.com, TANJUNG REDEB – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti kini resmi menyandang gelar Raden Mas Satria dari Kesultanan Gunung Tabur. Pemberian gelar kebangsawanan kerabat Kesultanan Gunung Tabur tersebut diumumkan langsung oleh Sultan Gunung Tabur, PYM. H. Adji Raden Muhammad Bachrul di Keraton Gunung Tabur, Jumat (15/1).

Sultan Gunung Tabur, Adji Raden Muhammad Bachrul mengatakan, Raden merupakan gelar kebangsawanan kesultanan yang diberikan kepada orang-orang yang berjasa terhadap kesultanan.

“Seperti yang dikatakan tadi, beliau akan mengurus tanah adat ulayat hingga pada hak-hak masyarakat adat,” ujar Sultan Gunung Tabur, Adji Raden Muhammad Bachrul.

“Raden itu berarti dia masuk keturunan Kesultanan Gunung Tabur, menjadi warga Kesultanan Gunung Tabur,” jelasnya.

Pemberian gelar kebangsawanan kerabat kesultanan gunung tabur yang dulunya disebut Raden merupakan silsilah terdahulu di Kesultanan Gunung Tabur.

“Gelar Mas Satria, gelar tesebut dapat digunakan di bagian depan atau belakang namanya yang dapat digunakan setiap waktu dan seterusnya kepada keturunannya,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Berau, Gamalis mengucapkan rasa terimakasih atas kedatangan Ketua DPD RI ke Bumi Batiwakkal untuk yang pertama kalinya.

Menurut Gamalis, kunjungan Ketua DPD RI beserta jajarannya ini mampu memberikan nuansa baru bagi pariwisata Berau, sekaligus memperkenalkan keberadaan Keraton Gunung Tabur dan Keraton Sambaliung sebagai dua kerajaan yang ada di Berau.

“Wisata kita bukan hanya soal pantai dan pengunungan. Berau juga punya wisata sejarah dengan cerita sejarah berdirinya dua kesultanan,” tuturnya.

“Keberadaan dua keraton kesultanan ini sangat mampu menarik wisatawan. Namun, tempat sejarah kita ini sering kali terlewatkan,” pungkasnya.(*)